Faktor yang mempengaruhi harga tuna kaleng | Bisnis Tuna Kaleng, Agen Tuna Kaleng, Harga Tuna Kaleng, Bisnis Sarden Kaleng, Gizi Tuna Kaleng

Slider Background

Faktor yang mempengaruhi harga tuna kaleng

Selasa, 30 Januari 2018

Faktor yang mempengaruhi harga tuna kaleng

Harga tuna kaleng di pasaran bergantung dari permintaan dan penawaran pasar. Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang populer dikonsumsi masyarakat baik domestik maupun luar negeri. Karenanya permintaan produk tuna kaleng selalu melonjak naik. Harga tuna kalengan siap saji dijual lebih murah daripada ikan tuna segar, itu juga menjadi salah satu faktor mengapa tuna kaleng selalu laris terjual.
Tuna kaleng merupakan alternatif konsumsi ikan tuna segar yang aman dan praktis. Tuna yang dikemas dalam kaleng juga lebih tahan lama berkat pemrosesan tuna kalengan kedap udara. Bakteri penyebab tuna busuk sudah disterilkan sehingga produk tuna kaleng dapat awet sampai jangka waktu berbulan-bulan.
Harga ikan tuna kaleng di supermarket biasanya rata-rata sama, tergantung dari merek dan ukurannya. Misalnya saja tuna kaleng dengan berat 185 gram dijual dengan harga Rp 25 ribuan rupiah, sedangkan untuk ukuran yang lebih besar misalnya 425 gram dijual dengan harga Rp 33 ribuan ke atas. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi harga ikan tuna dalam kemasan kaleng.
Faktor yang mempengaruhi harga tuna kaleng
1.      Jumlah permintaan produk ikan tuna kaleng
Tidak bisa dipungkiri bahwa harga tuna kaleng Indonesia dipengaruhi oleh adanya permintaan pasar. Untungnya permintaan tuna kaleng akan buatan produk Indonesia tidak pernah mati, apalagi untuk transaksi pasar luar negeri. Banyak sekali produk-produk tuna kaleng yang diekspor ke berbagai Negara termasuk Amerika dan Negara-negara Eropa maupun Asia lainnya. Selain tuna kaleng, permintaan akan tuna segar juga menjadi komoditas yang penting bagi tanah air.
2.      Kelangkaan material ikan tuna
Tuna kalengan berasal dari ikan tuna segar yang ditangkap dengan metode pemancingan ramah lingkungan. Jumlah material ikan tuna segar ini sebagai bahan baku pokok pembuatan produk tuna kaleng juga akan mempengaruhi harga kaleng ikan tuna. Mengenai kuantitas ikan tuna di laut sangatlah berlimpah terutama untuk jenis ikan tuna skipjack dan yellowfin. Kedua jenis ikan tuna ini adalah tuna yang paling banyak jumlah material dan sering diproduksi sebagai bahan baku produk tuna kaleng. Selain tuna skipjack dan yellowfin, tuna albakor juga merupakan jenis ikan tuna yang sering dipakai dalam proses pengalengan pabrikan ikan tuna.
·         Skipjack tuna dan yellowfin tuna = light meat tuna
·         Albakor tuna = white meat tuna
Skipjack dan yellowfin tuna memiliki kandungan merkuri yang lebih kecil dibandingkan tuna albakor tuna. Oleh sebab itu, pengonsumsian ikan tuna jenis albakor sebaiknya juga harus dibatasi.
3.      Daerah tujuan pengiriman
Harga tuna kaleng murah atau tidaknya juga bergantung pada daerah tujuan pengiriman tuna tersebut. Untuk area pengiriman tuna yang berdekatan dengan pabrikan tuna, pastinya harga kalengan tuna siap makan akan jauh lebih murah karena biaya ongkos kirimnya lebih sedikit. Berbeda dengan tujuan pengiriman yang berada jauh dari area pabrikan, misalnya di luar pulau apalagi sampai luar negeri. Besarnya biaya kirim yang diperlukan untuk mengantarkan produk tuna kalengan akan membuat harga jual tuna kaleng jadi semakin mahal. Hal ini umum terjadi.
4.      Kualitas produk tuna kaleng
Memang semakin berkualitas suatu produk tuna kaleng yang menggunakan ikan tuna berkualitas bagus dengan pemrosesan terjamin akan membuat harga tuna menjadi lebih tinggi. Kualitas juga mempengaruhi penawaran harga jual kaleng tuna. Semakin bagus kualitas suatu produk, maka harga tuna kaleng juga akan menyesuaikan kualitas tersebut. Hal ini bergantung pada preferensi Anda, apakah Anda lebih baik memilih kualitas ketimbang harga ataupun sebaliknya.
5.      Cara pengemasannya
1 merek atau brand bahkan bisa menawarkan harga yang berbeda untuk varian tuna kaleng mereka. Hal ini bergantung dari cara pengemasannya. Misalnya harga tuna kaleng dalam air dan minyak lebih murah dibandingkan dengan harga tuna kaleng dalam bumbu-bumbu lokal misalnya tuna kaleng dalam saus tomat atau saus sambal. Penambahan bumbu lokal untuk menambah cita rasa dari tuna tersebut bisa membuat harga tuna menjadi berbeda sedikit dari tuna original.
6.      Margin keuntungan yang ingin didapatkan
Margin keuntungan yang ingin didapatkan oleh penjual juga bisa menjadi faktor penentu harga tuna kaleng yang ditawarkan oleh para agen penjual tuna kaleng ataupun para distributor. Umumnya para supplier tuna kaleng sudah menetapkan harga sekian bagi keseluruhan produk mereka untuk semua konsumen atau daerah. Namun ada para agen atau penjual yang ingin mendapatkan keuntungan lebih dengan memberikan margin keuntungan yang cukup besar. Sudah pasti tiap agen satu dengan agen lainnya akan memberikan harga jual berbeda dan bersaing. Ini juga menjadi penentu besarnya penawaran harga kaleng ikan tuna di daerah Anda masing-masing.
Cari harga tuna kaleng murah berkualitas!
Untuk mencari harga tuna kalengan siap saji murah tapi dibarengi dengan kualitas produk yang bagus, maka silahkan cari langsung lewat tangan pertama. Biasanya supplier akan menawarkan harga kaleng tuna yang lebih murah dibandingkan Anda beli dari retailer. Karena retailer pastinya sudah menambahkan harga jual untuk mendapatkan untung.
Selain itu, mintalah diskon saat ingin membeli tuna kaleng siap saji dalam kuantitas besar. Kalau Anda ingin beli tuna untuk dijual kembali sebagai agen jual tuna kaleng atau distributor tuna kaleng di daerah Anda, tentu hal ini akan jadi lebih menguntungkan daripada beli di retailer atau distributor lainnya.
Demikian informasi mengenai harga tuna kaleng siap makan yang semoga bermanfaat saat Anda mencari tuna kaleng yang murah meriah demi keperluan konsumsi atau dijual lagi.

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar