8 Manfaat Tuna Kaleng Untuk Ibu Hamil dan Janin | Bisnis Tuna Kaleng, Agen Tuna Kaleng, Harga Tuna Kaleng, Bisnis Sarden Kaleng, Gizi Tuna Kaleng

Slider Background

8 Manfaat Tuna Kaleng Untuk Ibu Hamil dan Janin

Selasa, 23 Januari 2018

8 Manfaat Tuna Kaleng Untuk Ibu Hamil dan Janin

Sesungguhnya terdapat berbagai manfaat tuna kaleng untuk ibu hamil yang baik pada masa kehamilan maupun pada saat persalinan. Semua manfaat tersebut akan dirasakan tidak hanya oleh ibu hamilnya namun juga akan dirasakan secara langsung oleh janin. Berikut adalah daftar manfaat yang bisa didapatkan.


Daftar 8 Manfaat Tuna Kaleng Untuk Ibu Hamil1.      Omega 3
Nutrisi ini sangatlah diperlukan oleh ibu hamil serta janin yang terdapat di dalam kandungan. Namun sayangnya nutrisi ini tidak dapat diproduksi secara langsung oleh ibu hamil sehingga perlu di dapatkan dari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3. Salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi tersebut adalah tuna kaleng.
Nutrisi ini akan membantu menjaga kesehatan jantung bagi ibu hamil selama mengandung serta kesehatan janin sampai dewasa. Sementara itu bagi si janin sendiri, nutrisi ini akan banyak membantu dalam perkembangan otaknya serta sistem syarafnya. Karena itulah jika ibu hamil mengkonsumsi tuna kaleng, maka bayi yang lahir akan memiliki otak yang cerdas. Nutrisi ini juga dapat membantu dalam perkembangan pengelihatan untuk janin, sehingga bayi yang lahir akan memiliki indra visual sempurna.
2.      EPA serta DHA
Nutrisi ini juga memiliki fungsi tuna kaleng untuk ibu hamil yang juga terdapat di dalam omega 3. Bagi janin, kedua nutrisi ini akan banyak membantu dalam perkembangan membran sel serta neuron dari bayi. Selain itu DHA juga diperlukan oleh janin bagi kecerdasan otaknya. Nutrisi ini akan membuat perkembangan janin menjadi lebih pesat sedari masih dalam kandungan sampai bayi berusia 2 tahun.
3.      Omega 6
Satu lagi nutrisi yang memiliki manfaat yang besar dalam perkembangan janin selama ibu hamil. Nutrisi ini akan sangat membantu dalam perkembangan kecerdasan bagi otak janin. Karena itulah manfaat dari nutrisi ini akan semakin efektif jika konsumsinya dibarengi dengan konsumsi omega 3. Selain itu nutrisi ini akan dapat membantu peredaran darah bagi janin saat masih dalah kandungan. Peredaran darah tersebut akan sangat mempengaruhi peredaran oksigen bagi janin sehingga janin dapat bernafas dengan baik. Selain itu Omega 6 juga dapat membantu perbaikan sistem syaraf jika mengalami kerusakan.
4.      Protein
Perlu diingat bahwa kegunaan tuna kaleng untuk ibu hamil juga berasal dari kandungan protein yang terdapat di dalamnya. Terlebih lagi, kandungan nutrisi ini yang berada dalam tuna kaleng, jauh lebih banyak dibandingan dengan kandungan yang berada di dalam telur. Protein tersebut akan dapat membantu janin dalam pembetukan jaringan kulit, kuku serta rambutnya secara optimal. Protein juga sangat penting dalam pembentukan otot janin akan menjadi lebih kuat. Sedangkan bagi si ibu hamil, nutrisi ini akan membantu dalam menjaga kebersihan darahnya.
5.      Zat besi
Nutrisi ini mengandung berbagai manfaat agar selama kehamilan fungsi tubuh ibu hamil akan tetap berjalan dengan normal. Nutrisi ini digunakan oleh tubuh bersama dengan vit B komplek dalam membentuk sel darah. Terlebih lagi selama masa kehamilan ibu akan rentan terkena anemia karena kekurangan darah merah, maka konsumsi tuna kaleng yang banyak mengandung zat besi akan menghindarkan dari anemia. Penyakit ini mungkin terlihat simple, namun saat hamil, maka resikonya akan jauh lebih besar. terutama untuk janin yang dapat lahir dalam berat badan yang kurang bahkan resiko kelahiran prematur juga menjadi lebih tinggi.
Darah merah yang banyak mengandung oksigen akan diedarkan pada seluruh tubuh janin serta ibu hamil sambil membawa sari pati yang menjadi makanan keduanya. Zat besi juga akan digunakan dalam pembentukan berbagai hormon penting bagi ibu hamil yang akan sangat berguna baik dalam masa hamil sampai pada persalinan. Seperti mengumpulkan energi, membentuk plasenta, dan dapat mengurangi pendarahan yang terjadi pada persalinan.
6.      Fosfor
Satu lagi nutrisi yang juga terkandung dalam tuna kaleng serta memiliki banyak manfaat bagi janin terutama pada pembentukan gigi serta tulang si janin. Selain itu untuk ibu hamilnya sendiri, nutrisi ini sangat penting karena dapat menolong untuk pengaturan energi yang digunakan oleh tubuh serta  pengaturan metabolism. Nutrisi ini juga akan banyak membantu dalam penyerapan kalsium selama masa kehamilan yang penting bagi perkembangan janin. Tanda-tanda bagi ibu hamil yang tidak mendapatkan cukup fosfor adalah seringnya mendapat kram terutama di bagian tungkai.
7.      Kalsium
Kalsium yang banyak terdapat pada kandungan tuna kaleng untuk ibu hamil memang sangat bermanfaat terutama untuk si janin saat pembentukan gigi serta tulangnya. Untuk si ibu, maka kalsium dapat mengurangi resiko osteoporosis pada saat kehamilan berlangsung. Kalsium dalam jumlah banyak diperlukan oleh janin terutama di 20 minggu terakhir kandungan. Jika asupan kalsium tidak mencukupi maka janin akan mengambilnya dari si ibu yang akan menyebabkan osteoporosis.
8.      Vitamin
Berbagai vitamin juga terdapat dalam tuna kaleng seperti vit B6, vit A, serta asam folat. Vit B6 serta asam folat berguna untuk menurunkan resiko terjadinya kelainan jantung pada bayi. Vit A berguna untuk memperkuat sel imun, pemeliharaan sel tubuh, serta mengoptimalkan tumbuhnya janin. Sementara itu asam folat juga menurunkan resiko terjadinya cacat di janin.
Demikianlah berbagai macam manfaat tuna kaleng untuk ibu hamil serta janin pada masa kehamilan serta persalinan. Ingat untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan ini karena terdapat kandungan merkuri di dalamnya. Namun tak usah khawatir karena tuna kaleng memiliki kandungan merkuri yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan tuna segar.

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar